Doa Keluar dari Masjid (When Leaving from a Mosque Prayer)

Mendidik anak sejak usia dini memang hal yang wajib dilakukan setiap orang tua. Mendidik anak agar istiqamah sholat juga bukanlah hal yang mudah, kontrol orang tua terhadapa aktivitas anak-anak harus tetap berjalan. Rasullullah SAW dalam haditsnya juga memerintahkan kepada orang tua untuk mengajarkan anaknya sholat ketika usia 7 tahun. Jika pada usia 10 tahun belum mengerjakan sholat, orang tua boleh memukulnya. Ini menunjukkan bahwa mendidik sholat bukanlah hal yang mudah. Bahkan harus dimulai sejak usia dini, bukan baligh.

Dalam ilmu pendidikan anak, seorang anak usia 0-5 tahun merupakan ‘peniru’ yang baik. Hendaknya orang tua peka dan menjadikan ini kesempatan untuk memberikan tauladan yang bisa ditiru oleh anak-anak mereka. Termasuk perihal sholat. Kondisi tersebut akan mempermudah orangtua mengajarkan anakanya shalat saat menginjak usia 7 tahun, sebab sang anak sudah mendapatkan tauladan yang biasa ia lihat sehari-hari. Namun yang memprihatinkan, masih banyak orang tua yang tidak mengerti  hal tersebut. Anak hanya diperlihatkan kesibukan orang tuanya; berangkat kerja sebelum subuh, dan pulang setelah isya. Lalu, kapan anak melihat orang tuanya sholat?

Ini memang tugas berat orang tua, namun semuanya akan lebih mudah jika orang tua sadar bahwa anak adalah amanah dari Allah Swt. Sudah menjadi kewajiban orang tualah mendidik anak mencintai Allah. Mendidik anak sejak usia dini merupakan investasi kita untuk masa depan mereka. So..kenapa harus ragu untuk memulai.?


اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahumma innii as-aluka min  fadhlika

Ya Allah, aku memohon pada-Mu karunia-Mu

Ya Allah, I ask You for Your gifts






Telah dibaca :
 free web counter Counter Powered by  RedCounter

Share
Related Stories Widget by LinkWithin